www.SAP.or.id




Power 15
(tidak diproduksi lagi) 

..Face Power 15
No matter where you are
 
Front P15  



Umumnya para pecinta turntable berangapan bahwa faktor yang menentukan kualitas suara dari sebuah turntable adalah body turntable, tone arm, dan catridge. Padahal sesungguhnya ada satu faktor lain yang juga berperan besar dalam menentukan kualitas suara dari sebuah turntable yaitu kualitas listrik yang disupply ke motor turntable tersebut.
Tanpa dukungan listrik yang berkualitas baik, tone arm, dan catridge yang baikpun tidak akan berperan secara maksimal.
Untuk menjalankan turntable umumnya digunakan supply listrik langsung dari PLN, dalam konteks pemakaian listrik untuk turntable dan peralatan high end, idealnya listrik dari PLN  harus berupa sinus murni, bernilai 220V, serta memiliki frekuensi tepat 50Hz. Akan tetapi pada realitanya situasi ini adalah sangat sulit tercapai, karena diakibatkan oleh banyak hal yang menganggu kualitas listrik PLN seperti misalnya generator listrik PLN yang overload karena beban yang berlebihan, makin banyaknya beban listrik reaktif yang menghasilkan noise buangan ke listrik PLN seperti misalnya switching power supply, microwave oven, ballast neon, mesin las listrik, dll.   Pada gambar dibawah ini anda dapat melihat bentuk gelombang listrik PLN.

Gambar1

Bentuk gelombang listrik PLN


Terlihat dengan jelas bahwa bentuk gelombang tersebut sudah berbeda sangat jauh dari  gelombang sinus murni, pada bagian puncak positif dan puncak negatif dari bentuk gelombang tersebut terjadi clipping, seperti layaknya keluaran dari amplifier yang berdistorsi tinggi.

Power 15 adalah peralatan yang saya rancang untuk mengatasi masalah kualitas listrik PLN agar turntable dapat menghasilkan suara yang berkualitas baik.
Power 15 bekerja dengan prinsip AC DC AC Converter yaitu tegangan  220V dari PLN diubah menjadi tegangan DC lalu  di filtrasi untuk

menghilangkan semua noise yang mengkontaminasi supply listrik PLN seperti  interferensi RF,  noise dari switching power supply komputer, noise dari  kompressor AC dan berbagi macam sumber noise lainya.
Dan pada ahirnya tegangan DC yang sudah bersih tersebut di konversikan lagi menjadi tegangan AC yang stabil, bersih dan bebas noise.

Untuk dapat berputar dengan kecepatan yang stabil dan homogen maka motor turntable membutuhkan  tegangan supply yang stabil,   bersih  dan  bebas noise, dimana sifat ini tidak dimiliki oleh tegangan supply dari PLN.  Kontaminasi noise pada tegangan supply turntable  akan mengurangi  kualitas suara yang diproduksi oleh turntable.


Selain itu Power 15 juga dilengkapi dengan Selector frekuensi yang dapat dipilih pada frekuensi
50Hz, 67.5 Hz, 60Hz dan 81Hz,  yang memungkinkan anda untuk memainkan turntable pada kecepatan 33 dan 45 rpm hanya dengan mengubah switch frekuensi, tanpa harus repot repot mengubah ubah posisi belt pada  pulley  Turntable anda.

Pada gambar dibawah ini anda dapat melihat bentuk gelombang keluaran dari Power 15 yang sangat mendekati gelombang sinus murni.

Gambar2



 

Listening Test
Beberapa pengujian telah dilakukan untuk mengetahui sejauh mana Power 15 dapat bekerja dengan Turntable yang ada di pasaran, seperti misalnya Linn Basik, Townshend dan juga VPI.
Hasilnya memang terbukti bahwa Power 15 dapat membantu Turntable untuk menampilkan kualitas suara yang lebih baik.

1.  Power 15 with Townhshend
2. Power 15 with Linn Basik
3. Power 15 with VPI TNT-Junior
4. Power 15 with Clearaudio Anniversary
5. Power 15 with Basis Turntable & LP12  Valhalla


 

Specifications :
 
 Output Power : 15 watt continuous
 Output Frequency : 50Hz, 67.5 Hz, 60Hz, 81 Hz selectable from front panel
 Main Voltage Supply : 120V, 220V, 230V, 240V   50/60Hz,  other main supply also 
  available on request 
 Main Voltage Supply 
 Deviation
: +/-  10%
 Output Voltage Supply : 120V, 220V, 230V, 240V 50/60Hz,  other output supply also 
  available on request
 Frequency Stability : +/- 0.1   Hz after warm up  (30 minutes)
 Frequency Accuracy : +/- 0.1   Hz
 Output Voltage Stability : +/-    2  VAC
 Nett Weight : 8.5    kg
 Dimension : 40x33.5x13.5  cm  (WxDxH)
Accessories : Power Cord  (1pc)  &  Universal Power Plug Adapter (1pc)





Kembali ke halaman utama